Jogja National Museum: Harga Tiket Masuk & Lokasi

Jogja National Museum: Harga Tiket Masuk & Lokasi
Jogja National Museum Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 09.00 – 22.00 WIB. Nomor Telepon : 0274586105.
Alamat / Lokasi : Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55167.

Sebagai pusat kreativitas dan kearifan lokal, Jogja membanggakan banyak galeri seni dari yang terkecil hingga terbesar. Namun, salah satu yang paling diakui baik oleh para pelancong maupun pelaku seni adalah Jogja National Museum.Sebagai bangunan bersejarah dalam dunia kesenian, museum seni kontemporer ini dulunya merupakan kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Jogja National Museum: Harga Tiket Masuk & Lokasi

Menilik sejarahnya yang panjang, tak heran jika museum ini kini dihargai sebagai tempat yang prestisius untuk mengadakan pameran seni kontemporer. Biennale Jogja, yang merupakan salah satu acara seni rupa kontemporer bergengsi di Jogja dan telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir, adalah salah satu acara penting yang diadakan di sini.

Bukan hanya itu, ArtJog, sebuah pameran seni rupa yang menjadi salah satu acara terbesar di Indonesia, juga memilih Jogja National Museum sebagai lokasinya. Oleh karena itu, galeri ini menjadi salah satu pusat seni rupa kontemporer yang sangat dihormati di Jogja dan bahkan di Indonesia.

Sejarah Jogja National Museum

Sejarah Jogja National Museum

Jogja National Museum (JNM) adalah salah satu museum seni kontemporer paling terkenal di Indonesia. Museum ini terletak di kota Yogyakarta, Jawa Tengah, dan menawarkan berbagai karya seni kontemporer dari seniman lokal dan internasional. Sejarah museum ini bermula dari sebuah bangunan tua yang pernah menjadi bagian dari sebuah institusi pendidikan seni rupa terkemuka di Indonesia.

Pada tahun 1965, bangunan bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja, diubah menjadi museum seni kontemporer. Awalnya, museum ini dikelola oleh para seniman dan pemerintah daerah setempat.

Artikel Terkait: 6 Tempat Wisata Dekat Jalan Malioboro Jogja

Pada tahun 1987, JNM diambil alih oleh Yayasan Duta Fine Arts Foundation dan diubah menjadi sebuah museum seni kontemporer yang berfokus pada seni rupa kontemporer Indonesia. Sejak saat itu, museum ini telah menjadi tempat yang sangat dihargai bagi para seniman dan pelancong yang tertarik pada seni rupa kontemporer.

JNM memiliki koleksi yang beragam dan mencakup berbagai genre seni, seperti lukisan, patung, grafis, fotografi, instalasi, dan media seni lainnya. Koleksi tersebut meliputi karya seniman terkemuka Indonesia seperti Affandi, Raden Saleh, dan Soedjojono, serta seniman internasional seperti Pablo Picasso dan Marc Chagall.

Selain menjadi pusat seni rupa, JNM juga menjadi tempat pelaksanaan acara seni dan budaya yang diadakan oleh pemerintah daerah setempat. Sejak 1996, museum ini juga menjadi tuan rumah dari acara seni rupa kontemporer bergengsi, Biennale Jogja. Seiring berjalannya waktu, JNM terus berkembang dan melakukan berbagai renovasi untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas pameran. Pada tahun 2012, museum ini dibangun ulang dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti ruang pameran yang lebih luas, ruang pertemuan, dan kafe.

Kini, JNM telah menjadi tujuan wisata seni rupa yang populer di Indonesia dan menjadi wadah bagi para seniman untuk memamerkan karya mereka. Sejarah panjang JNM sebagai bekas kampus seni rupa terkemuka dan kemudian diubah menjadi museum seni kontemporer yang dihargai, memberikan nilai sejarah dan keunikan tersendiri bagi museum ini.

Tiket Masuk Jogja National Museum

Jogja National Museum

Sebenarnya, Jogja National Museum tidak memerlukan tiket masuk khusus. Hal ini berarti bahwa para pengunjung dapat masuk ke dalam museum tanpa dipungut biaya. Namun, apabila sedang ada acara pameran seni atau sejenisnya, maka panitia acara akan membuka loket masuk. Biayanya tentu bervariasi, tergantung dari besarnya skala acara yang sedang diselenggarakan.

Tiket Masuk Jogja National Museum
Tiket MasukGRATIS

Jam Buka Jogja National Museum

Galeri yang juga berfungsi sebagai museum seni kontemporer ini buka setiap harinya, mulai dari pagi hingga malam hari.

JAM BUKA
Jam Buka09.00 – 22.00 WIB

*Jam buka bisa berubah sewaktu-waktu tergantung acara yang sedang berlangsung.

Artikel Terkait: Wisata Candi Di Jogja Yang Eksotis Dan Keren

Menikmati Artistik Museum Seni Bergengsi Di Jogja

 

Menikmati Artistik Museum Seni Bergengsi Di Jogja

Jogja National Museum didirikan di atas tanah seluas sekitar 1,4 hektar. Pengelola telah membangun beberapa bangunan lain yang tidak hanya difungsikan sebagai galeri seni, tetapi juga memiliki fungsi lain yang masih berkaitan dengan kesenian, terutama seni rupa kontemporer.

Bangunan utama, yang menjadi ikon museum, berfungsi sebagai galeri. Bangunan ini sering menjadi tempat acara pameran seni bergengsi. Namun ketika tidak ada acara pameran, galeri utama ini menampilkan sejumlah koleksi seni kontemporer yang dimiliki oleh museum. Koleksi-koleksi tersebut tidak hanya dipajang sebagai dekorasi, tetapi juga dijual secara komersial, bahkan beberapa di antaranya dilelang untuk amal.

Mengenal Seni Kontemporer

Jogja National Museum hadir sebagai institusi yang menampilkan berbagai karya seni kontemporer unik dan berkualitas tinggi. Khususnya, museum ini sangat menarik bagi para mahasiswa atau pengunjung umum yang tertarik dengan seni rupa kontemporer.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang memiliki minat terhadap karya seni kontemporer berkualitas, mengunjungi museum ini merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, museum ini juga menawarkan suasana yang berbeda dan menarik bagi para pengunjung.

Artikel Terkait: Wisata Kalibiru Jogja: Spot Menarik, Lokasi & Tiket Masuk

Menikmati Karya Seni Tanpa Batas

Walaupun sering kali digunakan untuk pameran seni kontemporer yang berkualitas tinggi, museum ini tidaklah menjadi tempat yang eksklusif. Museum ini juga menampung berbagai jenis karya seni dari seniman yang belum begitu terkenal ataupun masyarakat biasa.

Kelebihan dari museum ini adalah adanya ruang bagi seniman muda dan masyarakat umum untuk menampilkan karyanya, yang tidak selalu bisa ditemukan di galeri-galeri lain. Meskipun banyak event pameran yang menampilkan karya-karya dari seniman terkenal, museum ini tetap memberikan kesempatan bagi mereka yang belum memiliki nama untuk menunjukkan karya-karyanya.

Berbelanja Suvenir Cantik

Selain menghadirkan karya seni kontemporer yang menawan, museum ini juga menyediakan berbagai pilihan suvenir yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Tentunya, suvenir yang dijual di Art Shop Jogja National Museum memiliki nuansa seni kontemporer yang khas dan unik.

Bersantai Di Kantin Artistik

Setelah lelah mengelilingi galeri dan menikmati karya seni yang indah, para wisatawan bisa bersantai di kantin yang terletak di bagian belakang kompleks museum. Konsep yang diusung oleh pengelola kantin akan membuat para pengunjung merasa betah dan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Artikel Terkait: Gembira Loka Zoo Yogyakarta: Lokasi & Harga Tiket Masuk

Di samping berbagai hidangan yang lezat dan beragam, desain kantin yang diatur dengan seni yang unik dan kreatif juga akan menarik perhatian para pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa kantin juga menjadi bagian tak terpisahkan dari konsep Jogja National Museum sebagai museum dan galeri seni.

Berproses Bersama Seniman

Museum ini tidak hanya berfungsi sebagai galeri seni, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berproses dan mengembangkan keterampilan seni mereka. Melalui ruang workshop, para pengunjung bisa bergabung dalam diskusi yang menarik tentang seni dan perkembangannya. Tidak hanya itu, museum ini juga menawarkan program art in residence yang terbuka bagi seniman lokal dan internasional untuk mengakses berbagai galeri dan ruang pertunjukan yang ada di dalam museum. Program ini memberikan kesempatan bagi para seniman untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan menghasilkan karya seni yang unik dan menarik.

Pameran Seni Bergengsi Di Jogja National Museum

Pameran Seni Bergengsi Di Jogja National Museum

Jogja National Museum merupakan salah satu galeri besar di Jogja yang sering dijadikan tempat pameran seni rupa kontemporer bergengsi seperti ArtJog dan Biennale Jogja. Melalui pameran seni yang bergengsi tersebut, para wisatawan dapat menyaksikan karya-karya monumental dari banyak seniman besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Jogja National Museum sering dijadikan referensi bagi siapa saja yang ingin menikmati karya seni kontemporer yang berkualitas tinggi.

Pilihan transportasi di jogja untuk eksplor semua tempat wisata di jogja

Pilihan transportasi di jogja untuk menjelajahi semua tempat wisata di pulau ini memang terbatas. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mengeksplor keindahan jogja.

Pertama, kamu bisa mencoba rental motor di jogja. Ini adalah pilihan favorit banyak wisatawan, terutama wisatawan internasional. Rental motor di jogja cukup murah dan memungkinkan kamu untuk bepergian dengan cepat, terutama mengingat lalu lintas yang semakin padat di jogja. Kamu bahkan bisa memesan motor melalui molly rent car untuk kemudahan dan kenyamanan.

Alternatif kedua adalah sewa mobil jogja dengan driver. Jika kamu ingin perjalanan yang lebih nyaman tanpa harus repot menyetir, opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Driver yang berpengalaman akan mengantarkanmu ke berbagai tempat wisata di kota yang mempertahankan konsep tradisional dan budaya Jawa ini. Pastikan juga untuk memeriksa opsi lainnya yang tersedia di sini seperti sewa hiace jogja dan sewa elf jogja murah. Cek juga opsi lainnya di sini

Terakhir, kamu juga bisa memilih rental mobil lepas kunci di jogja. Opsi ini memberikan kebebasan dan kenyamanan untuk menjelajahi jogja tanpa harus repot tawar-menawar. Kamu bisa menyewa mobil lepas kunci, atau sewa bus jogja, melalui molly rent car untuk kemudahan dan kepastian harga.

Jadi, jangan ragu untuk memilih salah satu dari opsi transportasi di atas untuk menjelajahi keindahan jogja. Selamat menikmati liburanmu di Kota Perjuangan!

Rute Dan Lokasi Menuju Jogja National Museum

Jogja National Museum berlokasi di Jalan Amri Yahya No.1, Gampingan, Kecamatan Wirobrajan, Jogja. Letaknya yang berdekatan dengan pusat kota Jogja memudahkan para wisatawan yang ingin mengunjunginya. Dari kawasan Malioboro, museum dan galeri ini hanya berjarak sekitar 1,6 kilometer saja. Untuk sampai ke sana, dari Titik Nol Kilometer, para wisatawan hanya perlu bergerak ke arah barat dan setelah sampai di simpang empat kedua, beloklah ke kanan. Hanya beberapa meter lagi, wisatawan harus memutar lagi ke kanan dan berjalan menuju Jalan Amri Yahya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jogja National Museum, para wisatawan dapat menghubungi nomor telepon (0274) 586105.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *