25 Makanan Khas Bali Terbaik yang Wajib Anda Coba!

Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali – Bali, sebuah pulau eksotis di Indonesia, selalu menjadi tujuan utama untuk liburan impian banyak orang. Kecantikan alam dan kekayaan budayanya yang dikelilingi oleh fasilitas mewah, selalu berhasil memberikan kegembiraan yang tak terlupakan.

Tak kalah menarik adalah ragam kuliner yang tersedia di Bali, yang otentik dan terbuat dari rempah-rempah yang begitu menggugah selera. Jika sedang berada di Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Bali yang menjadi incaran wisatawan. Baca semua ulasan tentang kuliner khas Bali ini di sini. Yuk, mari kita jelajahi!

25 Pilihan Makanan Khas Bali yang Memanjakan Lidah

Inilah 25 pilihan makanan khas Bali yang akan memanjakan lidahmu. Cobalah satu per satu dan lengkapi pengalaman liburanmu di Pulau Dewata yang tak terlupakan. Apakah kamu sudah tak sabar? Yuk, langsung simak dan mulai mencicipi kuliner-kuliner lezat di Bali, mulai dari yang pertama.

Ayam Betutu

Ayam Betutu

Perjalanan kulinermu dimulai dengan mencicipi hidangan ayam betutu. Meskipun dapat ditemukan di beberapa kota lain, rasa ayam atau bebek utuh yang dibalut dengan rempah khas Bali akan membuatmu tergoda. Kamu pasti akan ingin mencobanya lagi dan lagi!

Sate Lilit

Ayam Betutu

Ingin mencoba sate berbahan dasar ikan? Rasakan kenikmatan dari sate languan ikan atau yang sering disebut sate lilit khas Klungkung. Daging ikan yang sudah dilumatkan dan dicampur dengan rempah-rempah khas Bali akan ditempelkan pada serai sebagai tusuknya.

Tidak mengherankan, setelah dibakar, aroma kunyit dan serai sangat terasa dan menggugah selera. Siapa yang bisa menolak hidangan yang satu ini? Yuk, buruan cicipi!

Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali

Jika kamu bingung ingin makan apa, nasi campur Bali bisa menjadi solusi yang tepat untukmu. Bagaimana tidak, dalam satu piring kamu bisa mencicipi berbagai macam makanan khas Bali yang nikmat. Seru banget kan? Pasti akan membuatmu merasa puas!

Lawar

Lawar

Berbicara tentang hidangan lawar, biasanya sayuran yang dicampur dengan kelapa dan rempah khas Bali, mirip seperti urap dan dicampur dengan daging babi. Namun, jangan khawatir jika kamu tidak mengkonsumsi babi. Kamu masih bisa menikmati lawar di Restoran Pan Sinar yang menyajikan lawar kuwir dengan daging bebek sebagai pengganti daging babi. Yuk, cobain!

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Kali ini, kita akan membahas tentang nasi jinggo, salah satu kuliner khas Bali yang mirip dengan nasi kucing dari Jawa. Nasi yang diisi dengan ayam suwir, telur, dan beberapa lauk pauk lainnya ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 5 ribuan saja. Hemat banget, kan? Yuk, cobain sensasi kuliner nasi jinggo ini!

Sate Plecing

Sate Plecing

Jangan lupa, selain sate lilit, Bali juga punya sate plecing yang tak kalah lezat, Sobat Tiket. Sate ini memiliki bumbu yang terdiri dari campuran cabai, tomat, terasi, dan beberapa bumbu dapur lainnya yang membuat rasa sate plecing sangat berbeda dan unik dibandingkan dengan sate lainnya. Yuk, rasakan kenikmatannya!

Laklak

Laklak

Salah satu jajanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali adalah laklak atau serabi Bali. Kue ini biasanya disajikan dengan kuah gula merah manis di atasnya. Rasanya lembut, manis dari gula merah, dan gurih dari kelapa parut yang melebur menjadi satu di setiap gigitannya.

Babi Guling

Babi Guling

Salah satu hidangan yang populer di Bali adalah babi guling. Selain nasi, sajian ini juga terdiri dari sosis, lawar, daging, dan kulit babi. Namun jika masih kurang, kamu bisa menambahkan pesanan kulit dan daging babi yang super renyah. Jangan ragu untuk mencoba dan nikmati sensasi kriuknya!

Rujak Bulung Boni

Rujak Bulung Boni

Mari kita makan rujak di Bali! Tapi jangan salah ya, kita akan coba rujak unik dari Bali yaitu rujak bulung boni. Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak bulung boni terbuat dari rumput laut segar yang disiram dengan kuah pindang. Rasanya pasti segar, gurih, dan sedikit asin. Jangan lupa untuk mencoba makanan wajib ini saat liburan di Bali ya!

Bebek Timbungan

Bebek Timbungan

Mencari ayam betutu memang mudah, tetapi bebek timbungan menjadi tantangan baru. Hidangan ini yang khas dan lezat mulai langka dan menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Mungkin proses memasaknya yang memakan waktu lama hingga 12 jam menjadi penyebabnya. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati bebek timbungan di Secret Garden Village, Bedugul.

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh

Ayo para pecinta bubur, dengarkan baik-baik! Sekarang ada bubur Bali atau yang sering disebut bubuh Bali yang bisa kamu nikmati. Meskipun disajikan dengan kuah ayam, bubur ini memiliki keunikan tersendiri karena dimakan bersama dengan urap dan telur pindang.

Tak hanya rasanya yang otentik, bentuknya pun cukup unik. Bubur tampak seperti melayang di atas kuah kaldu yang menggoda selera. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi bubur Bali ini ya!

Tipat Cantok

Tipat Cantok

Kamu pasti tidak ingin melewatkan Tipat Cantok yang berbahan dasar ketupat. Kuliner ini mirip dengan ketoprak dan gado-gado, namun memiliki cita rasa yang berbeda. Terdapat sayuran segar yang direbus, potongan ketupat, serta kuah bumbu kacang yang lezat yang akan memanjakan lidahmu. Segera cicipi kuliner yang satu ini!

Tum Bali

Tum Bali

Bagi sobat yang doyan makanan tradisional yang kaya rempah dan dibungkus daun pisang, wajib coba tum Bali. Tum Bali hampir mirip dengan pepes atau botok kukus namun dengan cita rasa yang khas.

Meski biasanya menggunakan daging babi yang dicampur dengan bumbu rempah, kamu juga bisa menemukan tum Bali dengan bahan daging sapi atau ayam di beberapa kedai. Semuanya pasti enak dan bikin ketagihan!

Rujak Buah Buleleng

Rujak Buah Buleleng

Mari coba sajikan rujak buah Buleleng yang khas Bali ini, sobat tiket! Rujak ini berisi potongan buah-buahan segar yang dicampur dengan kuah pindang yang unik. Kuah segar ini terdiri dari ikan, terasi, cuka, dan cabai yang memberikan citarasa yang sangat khas dan unik. Pasti membuat kamu penasaran untuk mencicipinya, kan?

Siobak Babi

Siobak Babi

Ada satu lagi kuliner non-halal yang terkenal di Singaraja, Bali yang merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan Bali. Kuliner tersebut adalah Siobak yang bisa kamu cicipi di Warung Siobak Khe Lok yang sudah berdiri sejak 1963.

Siobak ini tidak hanya terbuat dari daging babi, namun hampir semua bagian dari babi dapat diolah menjadi hidangan yang lezat ini. Ditambah dengan kuah coklat yang kaya akan rempah dan kecap, rasanya pasti akan membuat kamu ketagihan. Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner unik ini!

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Mari mencoba kuliner khas Bali yang satu ini. Nasi tepeng, makanan yang terbuat dari nasi dan rempah-rempah khas Bali, dengan tekstur lembut seperti bubur. Rasanya gurih dan mirip nasi uduk, disajikan dengan sayuran dan bumbu kacang serta parutan kelapa yang nikmat.

Tersedia pilihan lauk seperti suwiran ayam dan telur rebus. Cocok untuk mengisi perut di pagi hari, apalagi harganya sangat terjangkau. Jangan sampai ketinggalan mencicipi kelezatannya saat berlibur di Bali ya!

Sate Kakul

Sate Kakul

Satu lagi sate yang enak di Ubud adalah sate kakul yang terbuat dari daging siput. Sate ini memiliki rasa khas dengan bumbu pedas yang dominan. Bagaimana kalau menikmati keindahan alam Ubud sambil menikmati sate kakul yang lezat? Seru, kan?

Sambal Matah

Sambal Matah

Tidak ada yang tidak mengetahui makanan khas Bali yang satu ini, sambal matah. Sesuai dengan namanya, bahan utamanya dipotong tipis dan dicampur dengan minyak panas tanpa digoreng atau direbus. Cocok untuk disajikan bersama nasi hangat dan lauk favoritmu.

Kuah Komoh

Bagi yang doyan makanan berkuah, wajib nih cobain kuah komoh yang super lezat ini. Makanan khas Bali yang terdiri dari aneka macam daging ini punya cara unik untuk dinikmati. Kamu bisa menggenggam nasi dan mencelupkannya ke dalam kuah atau langsung meminum kuah komoh dari mangkoknya. Tergantung selera dan mood kamu saat itu. Seru banget, kan?

Lempet

Lempet

Salah satu makanan tradisional khas Bali yang patut dicoba adalah lempet. Terlihat seperti pepes dengan bahan dasar ikan yang sudah dihaluskan dengan bumbu khas Bali. Rasa pedas dan gurihnya pasti membuat kamu ingin menambahkan banyak nasi hangat untuk menikmatinya.

Sate Cables

sate kebek

Mau tahu nih, ada lagi sate khas Bali yang bikin ngiler, namanya sate cables atau sering juga disebut sate kebek. Sate ini unik karena terbuat dari potongan daging dadu yang direbus dan ditusuk dengan lidi, lalu dililit lagi dengan daging cincang yang udah dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali. Pasti bikin perut kenyang dan puas!

Jukut Ares

Jukut Ares

Sekaranglah saatnya untuk mencicipi makanan khas Bali yang satu ini, yaitu jungkut ares. Makanan tradisional yang terbuat dari potongan batang buah pisang muda yang dicampur dengan berbagai rempah khas Bali yang memberikan cita rasa dominan yang khas. Tak hanya itu, agar semakin nikmat, potongan daging ayam pun kerap menjadi pelengkap yang siap memanjakan lidahmu. Yuk, segera rasakan kelezatannya!

Serombotan

Serombotan

Siapa bilang Bali hanya terkenal dengan makanan berbahan dasar daging saja? Ternyata, ada juga nih sayur urap yang tak kalah lezatnya, di Bali biasa disebut serombotan. Sayuran segar seperti bayam, buncis, tauge, dan pare diolah dengan bumbu kacang yang khas dan sedikit rasa asam. Banyak yang menganggap bahwa makanan ini adalah “pecel” khas Bali, dan tentunya cocok dijadikan sebagai pelengkap makananmu.

Soto Sampi

Soto Sampi

Tidak hanya daerah lain, ternyata Bali juga memiliki hidangan soto khasnya, yaitu soto sampi. Isian daging dan babat dalam semangkuk soto ini memang serupa dengan soto di daerah lainnya. Namun, yang membedakan adalah rempah-rempah dan potongan lobak yang juga turut disajikan dalam hidangan soto hangat ini.

Serapah Daging

Serapah Daging

Bagi pecinta olahan daging, Pulau Dewata memiliki sajian yang membuat ketagihan. Daging khas direbus dengan santan dan dicampur dengan rempah-rempah Bali yang kuat. Nikmati hidangan ini bersama keluarga untuk menyempurnakan pengalaman kulinermu di Bali.

Saat liburan di Pulau Dewata, kamu akan disuguhi dengan berbagai kuliner lezat yang bikin betah di Bali. Kamu tertarik mencoba makanan-makanan tradisional yang sudah disebutkan di atas? Jangan lupa untuk kulineran ya setelah puas berkeliling ke tempat-tempat wisata yang indah di Bali!

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *