Menyusuri Pantai Tambak Asri yang Masih Alami

Menyusuri Pantai Tambak Asri yang Masih Alami | Molly Wisata 2023

Mollyrentcar.com – Wisata pantai di Malang memang tidak ada habisnya. Banyak sekali deretan pantai yang indah dan eksotis di kota berjuluk East of Java ini. Sebagian Rental mobil Surabaya lepas kunci maupun dengan driver sudah dikelola menjadi obyek wisata populer, namun tak sedikit pula pantai yang statusnya hingga kini masih alami dan belum dikenal banyak orang. Salah satu pantai yang masih perawan alias belum terjamah adalah Pantai Tambak Asri.

Terletak di Desa Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pantai ini menawarkan pesona alami yang sungguh indah. Pantai Tambak Asri memang belum dikenal oleh wisatawan bahkan oleh sebagian warga Malang sendiri. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi serta belum adanya pengelola resmi di pantai tersebut. Menurut masyarakat setempat, pantai perawan ini pertama kali diperkenalkan oleh sejumlah mahasiswa dari Unmer saat datang ke Pantai Tambak Asri.

Pantai Tambak Asri

Pantai Tambak Asri tergolong unik, bentuknya menyerupai teluk kecil seperti huruf “U”. Di bagian kanan dan kiri pantai nampak dipenuhi pepohonan hijau nan rindang. Ada pula tebing-tebing yang ditumbuhi dengan berbagai macam pohon besar dan rimbun. Pantai ini benar-benar seperti gadis ayu yang belum terjamah. Keadaan di kawasan pantai masih sepi dan bersih, yang terdengar hanyalah suara deburan ombak yang mendominasi. Pasir putih dan lembut memanjang sekitar satu kilometer tampak terlihat bersih mulus memanjakan mata wisatawan. Memang tak salah jika pantai tersebut dinamakan sebagai pantai perawan.

Selain terkenal dengan pasir pantainya yang lembut, pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan kecil di sepanjang sisi pantai yang membuat suasana menjadi semakin asri dan sejuk. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan sekumpulan penyu yang singgah ke pantai dan lumba-lumba yang melewati sisi pantai. Menurut cerita dari penduduk sekitar, penyu-penyu itu datang ke pasir pantai untuk bertelur. Pada saat tertentu, ikan lumba-lumba juga sering memasuki area Pantai Tambak Asri.

Artikel Terkait: Rental Mobil Kebon Pala

Oya, di pantai ini juga terdapat sebuah batu karang yang sangat besar, yang melindungi pantai dari ombak besar pantai selatan. Warga setempat menyebutnya dengan nama pulau Yangke. Setiap harinya, hanya terlihat beberapa orang saja yang berlalu-lalang di pantai ini yang tak lain adalah para nelayan warga setempat. Bahkan saat musim liburan, hanya ada beberapa wisatawan yang mengunjungi Pantai Tambak Asri.

Pantai Tambak Asri

Meski demikian, Pantai Tambak Asri sangat cocok bagi pengunjung yang hobi bertualang. Pantai ini bisa menjadi lokasi camping yang menarik sebab konturnya datar dan landai. Ombak pantai inipun tidak terlalu besar. Tiket masuk ke Pantai Tambak Asri masih gratis.

Untuk menuju pantai ini dari kota Malang, harus melewati Kecamatan Turen terlebih dahulu. Dari Turen, Anda harus belok kanan ambil arah Pantai Sendang Biru. Belum ada papan penunjuk jalan menuju lokasi Pantai Tambak Asri, sehingga ada baiknya Anda harus rajin-rajin bertanya pada warga sekitar. Saat melewati Desa Kedung Banteng dari jalan utama menuju pantai Sendang Biru, kita harus ambil jalan yang belok kiri menuju Desa Sidoasri.

Kondisi jalan menuju Desa Sidoasri sebagian memang sudah dicor, namun sebagian jalan lagi masih rusak. Di sepanjang jalan kanan dan kiri terlihat sebuah hamparan sawah dan rumah-rumah penduduk yang asri menjadi pemandangan yang sangat indah. Dari Desa Sidoasri ini lokasi pantai masih sekitar satu kilometer lagi.

Sempatkan pula untuk singgah ke Pantai Sendang Biru dan pantai indah lainnya seperti Pantai Balekambang, Pantai Gua China, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, dan lain-lain. Lelah berwisata, Anda bisa beristirahat di beberapa hotel seperti Hotel Sahid Montana, Tugu Malang Hotel, Gajahmada Graha Hotel, atau Hotel Kartika Graha.

5/5 - (27 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *