Telaga Biru Semin, Mini Raja Ampatnya Gunung Kidul

Telaga Biru Semin
Telaga Biru Semin Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -.
Alamat / Lokasi : Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Semin, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 57562.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, sepertinya segala sesuatu memiliki daya tarik wisata yang menarik, termasuk Telaga Biru Semin yang terletak di Gunung Kidul. Dahulu merupakan proyek tambang batu putih, kini tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang unik.

Artikel Terkait: Bukit Bintang Jogja Malam Hari: Alamat Dan Harga Tiket

Daya tariknya terletak pada cekungan-cukupan daratan yang diisi dengan air berwarna kebiruan. Saat dilihat dari atas, warna air di setiap cekungan berbeda-beda, mulai dari hijau, toska, hingga biru laut. Bersanding dengan tebing kapur di sekitarnya, menciptakan pesona yang menawan. Selain telaga, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan perbukitan dan sawah. Keindahannya bahkan bisa dibandingkan dengan Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

Telaga Biru Semin

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin

Mengagumkan, wisatawan dapat menikmati keindahan tempat ini tanpa harus membayar biaya masuk. Hingga saat ini, akses ke Telaga Biru masih terbuka secara gratis. Pengunjung hanya diminta membayar untuk parkir kendaraan saja.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin
Tiket MasukGratis
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Jam Buka Telaga Biru Semin

Lokasi rekreasi ini tersedia sepanjang waktu selama 24 jam dan siapa saja dapat berkunjung kapan saja. Namun, disarankan untuk mengunjunginya pada pagi atau sore hari untuk pengalaman terbaik. Selain itu, sebaiknya kunjungi tempat ini saat cuaca cerah karena jalan menuju lokasi bisa sangat berlumpur dan kurang ideal, bahkan berisiko saat hujan turun.

Artikel Terkait: Pantai Watu Kodok: Tiket Masuk & Spot Foto Keren

Jam Buka Telaga Biru Semin
Setiap Hari24 Jam

Pilihan transportasi di jogja untuk eksplor semua tempat wisata di jogja

Pilihan transportasi di jogja untuk menjelajahi semua tempat wisata di pulau ini memang terbatas. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mengeksplor keindahan jogja.

Pertama, kamu bisa mencoba rental motor di jogja. Ini adalah pilihan favorit banyak wisatawan, terutama wisatawan internasional. Rental motor di jogja cukup murah dan memungkinkan kamu untuk bepergian dengan cepat, terutama mengingat lalu lintas yang semakin padat di jogja. Kamu bahkan bisa memesan motor melalui molly rent car untuk kemudahan dan kenyamanan.

Alternatif kedua adalah sewa mobil jogja dengan driver. Jika kamu ingin perjalanan yang lebih nyaman tanpa harus repot menyetir, opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Driver yang berpengalaman akan mengantarkanmu ke berbagai tempat wisata di kota yang mempertahankan konsep tradisional dan budaya Jawa ini. Pastikan juga untuk memeriksa opsi lainnya yang tersedia di sini seperti sewa hiace jogja dan sewa elf jogja murah. Cek juga opsi lainnya di sini

Terakhir, kamu juga bisa memilih rental mobil lepas kunci di jogja. Opsi ini memberikan kebebasan dan kenyamanan untuk menjelajahi jogja tanpa harus repot tawar-menawar. Kamu bisa menyewa mobil lepas kunci, atau sewa bus jogja, melalui molly rent car untuk kemudahan dan kepastian harga.

Jadi, jangan ragu untuk memilih salah satu dari opsi transportasi di atas untuk menjelajahi keindahan jogja. Selamat menikmati liburanmu di Kota Perjuangan!

Keindahan Yang Terbentuk Dari Hasil Pertambangan

Keindahan Telaga Biru Semin

Lokasi ini terletak di kawasan rangkaian perbukitan kapur, pada awalnya tidak menarik sama sekali. Terdapat aktivitas tambang yang menyebabkan terbentuknya cekungan yang lambat laun terisi air hujan. Namun, tanpa disangka-sangka, air di dalam cekungan tersebut berubah menjadi warna biru yang indah, seolah-olah menjadi sebuah telaga yang cantik. Hal ini disebabkan oleh keberadaan ganggang yang tumbuh di dasar cekungan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak area yang tergenang air dan menambah keindahan tempat tersebut.

Artikel Terkait: Heha Ocean View Yogyakarta: Tiket Masuk, Jam Buka & Lokasi

Tidak hanya telaganya yang memukau, kombinasi tebing kapur dan perbukitan hijau yang melingkupi lokasi ini juga sangat indah. Para wisatawan dapat mendaki ke atas bukit untuk menikmati pemandangan telaga yang luas. Di kejauhan, terhampar sawah dan hutan hijau yang menyegarkan mata. Setiap sudut dari tempat ini memang sangat cocok sebagai latar belakang foto yang unik dan estetik.

Raja Ampat Mini

Karena keindahan yang tak biasa, banyak yang menyebut tempat ini sebagai versi mini dari Raja Ampat. Jika dilihat dari ketinggian, tempat wisata ini mirip dengan surga di Papua Barat tersebut. Air yang berwarna biru seolah menjadi sebuah lautan indah di Raja Ampat, ditambah lagi dengan gundukan bukit hijau di sekitar telaga yang menyerupai rangkaian pulau-pulau.

Terlihat beberapa cekungan di sekitar area tersebut. Setiap cekungan yang membentuk telaga berbatasan dengan perbukitan atau batuan kapur. Yang menarik adalah, jika diamati, warna air di setiap cekungan berbeda-beda. Ada yang berwarna hijau, toska, hingga biru laut. Hal tersebut pasti akan membangkitkan rasa ingin tahu untuk menyusuri setiap sisinya.

Menikmati Dari Bawah Atau Atas Bukit

Menikmati Dari Bawah Atau Atas Bukit Telaga Biru Semin

Terdapat banyak cara untuk menikmati keindahan Telaga Biru Semin. Para wisatawan dapat melihatnya dari dekat di tepi telaga yang memukau. Area tersebut juga merupakan spot foto yang sangat menarik. Latar belakang telaga biru akan dipadukan dengan pahatan indah bukit kapur yang terbentuk secara alami. Dengan luas sekitar 10 hektar, para pengunjung pasti akan merasa sangat puas ketika menjelajahi setiap sudut dari kawasan wisata tersebut.

Artikel Terkait: Bukit Paralayang Watugupit: Harga Tiket, Lokasi & Jam Buka

Selain itu, para wisatawan juga dapat mendaki gundukan-gundukan tebing kapur yang tersebar di kompleks wisata. Dari puncak tebing, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Telaga Biru dari ujung ke ujung. Pemandangan yang serupa dengan Raja Ampat dapat terlihat dari atas tebing ini. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah setelah musim hujan. Hal ini dikarenakan saat kemarau, air di telaga akan mengering dan hanya menyisakan beberapa cekungan saja.

Keliling Naik Rakit

Naik Rakit Telaga Biru Semin

Wisatawan dapat menikmati keindahan Telaga Biru Semin dengan menyusuri perairannya. Di tempat ini tersedia rakit-rakit tradisional yang terbuat dari bambu yang dapat disewa untuk berkeliling telaga. Tidak perlu khawatir, karena pengunjung tidak perlu mengayuh rakit sendiri. Pemilik rakit akan mengantar wisatawan ke setiap area yang diinginkan dengan fasilitas pelampung untuk kenyamanan dan keamanan.

Artikel Terkait: Pantai Indrayanti Gunung Kidul: Harga Tiket, Rute & Lokasi

Selama perjalanan menggunakan rakit, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah. Tebing-tebing kapur yang terbentuk alami menciptakan sisi eksotis tersendiri yang seperti membawa wisatawan pada perjalanan ke sebuah tempat purbakala.

Nikmati Sunset Di Telaga Biru Semin

Nikmati Sunset Di Telaga Biru Semin

Saat matahari terbenam, Telaga Biru Semin Jogja akan menampilkan keindahan alam yang tak terlupakan. Berada di kawasan perbukitan, tempat ini sangat ideal untuk menikmati sunset. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang memukau, dengan telaga biru, tebing kapur dan hutan yang hijau yang dipadukan dengan langit jingga di waktu senja. Saat seperti itu, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Foto Instagramable

Para penggemar fotografi akan merasa terpesona dengan keindahan yang tersaji di setiap sudut tempat wisata ini. Selain berfoto dengan latar belakang telaga berair biru yang mempesona, tebing-tebing kapur dengan pahatannya yang terbentuk secara alami di sekitarnya juga menjadi objek menarik untuk diabadikan. Tidak hanya itu, suasana senja yang romantis dengan langit jingga yang memukau juga sangat cocok untuk menjadi latar belakang foto yang indah. Semua elemen tersebut dapat menghasilkan foto-foto yang unik dan estetik bagi para penggemar fotografi.

Fasilitas Telaga Biru

Kendati memiliki keindahan yang luar biasa, sayangnya fasilitas yang tersedia di Telaga Biru Semin masih terbatas. Hanya terdapat area parkir dan kamar mandi yang tersedia untuk para pengunjung. Sementara untuk warung makan dan minum, jumlahnya masih terbatas dan hanya buka pada akhir pekan saja. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung membawa persediaan makanan dan minuman sendiri jika datang di hari-hari biasa.

Lokasi Telaga Biru

Lokasi objek wisata yang menakjubkan ini berada di Karangwuni, Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Terletak di perbatasan antara Sukaharjo dan Gunung Kidul dengan jarak sekitar 34 km dari pusat kota Gunung Kidul. Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dan pastinya akan sepadan dengan keindahan yang bakal dinikmati di Telaga Biru Semin.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *