Tempat Wisata di Jembrana Bali Terhits dan Populer

17 Tempat Wisata di Jembrana Bali Terhits dan Populer

Ada banyak tempat wisata di Jembrana, Bali yang patut dikunjungi. Kabupaten ini terletak di bagian barat Pulau Bali dan memiliki daya tarik yang tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya seperti Bali timur atau pusat Bali. Jembrana memiliki beragam tempat wisata karena wilayahnya yang luas, mulai dari pegunungan, hutan, hingga pantai.

Salah satu keunggulan Jembrana adalah sebagai titik kedatangan wisatawan dari Pulau Jawa yang menggunakan kapal. Selain itu, wisatawan yang menggunakan bus atau kendaraan pribadi juga dapat menikmati pesona Bali tanpa harus terlalu jauh.

Jika Anda berkunjung ke Jembrana, jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di bali khususnya di jembrana. Salah satunya adalah Pantai Medewi, yang terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar. Anda juga bisa menikmati sunset yang spektakuler di Pantai Rambut Siwi atau menjelajahi keindahan alam di Taman Nasional Bali Barat.

Bagi pecinta budaya, Anda bisa mengunjungi Desa Penglipuran yang terkenal dengan keindahan arsitektur rumah tradisional Bali. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Jembrana seperti Bebek Betutu atau Ayam Betutu yang lezat.

Selain itu, Jembrana juga memiliki berbagai festival dan acara budaya yang menarik untuk disaksikan, seperti Makepung (balapan kerbau) atau Perang Pandan (pertarungan menggunakan daun pandan). Acara-acara ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan selama liburan Anda di Jembrana.

Tempat Wisata di Jembrana Bali Terhits dan Populer

Berikut ini ada 17 tempat wisata di Jembrana terhits yang wajib dikunjungi, dirangkum dari laman Pemkab Jembrana, jembranakab.go.id.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik untuk rekreasi maupun pendidikan. Kawasan ini juga sangat penting untuk penelitian dan budidaya alam. Terletak di dua daerah administrasi, yaitu Jembrana dan Buleleng, taman nasional ini memiliki keindahan alam yang memukau.

Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Bali Barat adalah keberadaan burung jalak bali yang hidup bebas di sana. Selain itu, kalian juga bisa melihat banteng, kijang, kancil, dan rusa yang berkeliaran di sekitar taman. Tumbuhan bakau, lontar, hutan hujan, dan hutan musim juga menjadi bagian dari kekayaan alam yang ada di taman ini.

Dengan beragam flora dan fauna yang dapat ditemui, Taman Nasional Bali Barat menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para pengunjung. Keindahan alam yang masih alami dan terjaga dengan baik membuat taman ini menjadi tujuan wisata yang populer di Bali.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat belajar banyak hal tentang konservasi alam dan pentingnya menjaga ekosistem yang seimbang. Taman Nasional Bali Barat memberikan kesempatan bagi para peneliti dan pecinta alam untuk memahami lebih dalam tentang keanekaragaman hayati yang ada di sana.

Dengan suasana yang tenang dan damai, Taman Nasional Bali Barat juga cocok untuk melakukan kegiatan meditasi atau yoga. Menyatu dengan alam dan merasakan kehadiran flora dan fauna yang hidup di sekitar taman dapat memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para pengunjung.

Artikel Terkait: Wisata di Bangli

Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis

Air terjun Juwuk Manis memang unik dengan dua aliran air yang bersebelahan. Meskipun tingginya hanya sekitar 4 meter, tetapi kesegaran air dan suasana di sekitarnya membuat pengunjung merasa segar dan tenang. Lokasinya berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Di sini tersedia fasilitas seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, dan warung makan.

Keunikan dari air terjun ini membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pengalaman menyegarkan dan menenangkan bisa dirasakan saat mengunjungi Juwuk Manis. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian, serta udara segar di sekitar membuat pengunjung merasa seperti berada di surga kecil.

Dengan tinggi air terjun yang tidak terlalu tinggi, Juwuk Manis cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam tanpa harus repot mendaki atau berjalan jauh. Suasana tenang dan damai di sekitar air terjun membuat pengunjung bisa bersantai dan menikmati liburan mereka dengan nyaman.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang disediakan di sekitar air terjun. Area parkir kendaraan yang luas memudahkan pengunjung untuk parkir dengan nyaman. Kamar mandi yang bersih dan nyaman juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Tidak perlu khawatir kehabisan makanan atau minuman, karena tersedia warung makan yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu di sekitar air terjun, tersedia area duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Suasana alami dan hijau di sekitar air terjun membuat pengunjung merasa dekat dengan alam dan bisa melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Juwuk Manis adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Keindahan alam yang ditawarkan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke air terjun Juwuk Manis dan rasakan kesegaran serta kedamaian yang ditawarkannya.

Sangkaragung

Sangkaragung

Sangkaragung, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, merupakan tempat di mana seni jegog berkembang pesat. Jegog sendiri adalah jenis musik tradisional yang dimainkan menggunakan alat musik bambu yang disebut jegogan. Desa ini menjadi pusat dari kesenian jegog, dan merupakan destinasi yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati serta belajar tentang musik tradisional Bali.

Setiap Minggu dan Kamis, wisatawan memiliki kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan jegog yang menakjubkan di desa ini. Mereka juga dapat belajar cara memainkan alat musik jegog langsung dari para ahlinya. Pengalaman ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memperkaya pengetahuan dan keterampilan musik para pengunjung.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, kesenian jegog dari Sangkaragung juga telah merambah ke mancanegara, termasuk Jepang. Para seniman jegog dari desa ini bahkan tampil di Jepang setidaknya tiga kali dalam setahun. Hal ini menunjukkan betapa populernya seni jegog dan betapa dihargainya para seniman jegog dari Sangkaragung di mata dunia.

Dengan keindahan alam Bali yang memukau, ditambah dengan keunikan seni jegog yang khas, Sangkaragung menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta seni dan budaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pertunjukan jegog yang menakjubkan dan belajar langsung dari para ahlinya di desa ini. Selamat menikmati petualangan musik tradisional Bali yang tak terlupakan!

Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi adalah salah satu pura yang sangat bersejarah di Bali. Pura ini terkenal karena terkait dengan kedatangan seorang pendeta hebat dari Majapahit, yaitu Dang Hyang Nirartha. Sang pendeta ini datang ke Bali dan singgah di kawasan Pura Rambut Siwi untuk memberikan ajaran Hindu kepada masyarakat setempat.

Saat Dang Hyang Nirartha berada di pura ini, warga setempat meminta rambutnya sebagai tanda penghormatan dan kekaguman mereka. Rambut sang pendeta pun disimpan dan dipuja di dalam pura ini, sehingga namanya menjadi Pura Rambut Siwi. Hal ini menjadikan pura ini memiliki nilai sejarah dan spiritual yang sangat tinggi bagi masyarakat Bali.

Selain keindahan sejarahnya, Pura Rambut Siwi juga menawarkan pemandangan alam yang memukau. Dari pura ini, Anda dapat menikmati panorama laut yang luas dan indah, serta matahari terbenam yang mempesona. Ditambah lagi dengan hamparan sawah dan gunung yang menghiasi latar belakang pura ini, membuat tempat ini semakin memesona.

Lokasi Pura Rambut Siwi berada di Yeh Embang Kangin, Mendoyo, Jembrana, Bali. Jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pura ini dan merasakan keajaiban serta ketenangan yang ditawarkannya.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan nilai sejarahnya yang mendalam, Pura Rambut Siwi merupakan destinasi wisata yang sempurna bagi Anda yang ingin merasakan keindahan alam dan spiritualitas Bali. Jangan ragu untuk mengunjungi pura ini dan merasakan keajaibannya sendiri!

Artikel Terkait: Wisata Bedugul

Bunut Bolong

Bunut Bolong

Bunut Bolong adalah pohon bunut yang besar dan rindang yang memiliki keunikan tersendiri. Pohon ini terkenal karena bagian tengah akarnya yang berlubang atau bolong, sehingga kendaraan bisa melintas di bawahnya. Jalan yang melintasi pohon bunut ini menghubungkan Kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.

Selain keunikan Bunut Bolong, sekitar lokasi ini juga menawarkan pemandangan yang menarik. Di sekitar area tersebut terdapat perkebunan cengkeh yang indah, serta terdapat Pura Bujangga Sakti yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Bunut Bolong sendiri berada di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Keberadaan Bunut Bolong tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga menjadi bagian dari keindahan alam dan budaya di daerah tersebut. Pohon yang memiliki akar bolong ini menjadi simbol kekuatan alam yang harus dijaga dan dilestarikan.

Setiap harinya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk melihat keunikan Bunut Bolong. Mereka tak hanya terpesona dengan keindahan pohon bunut yang rindang, tetapi juga dengan cerita dan kepercayaan yang terkait dengan pohon ini.

Tak hanya itu, keberadaan Pura Bujangga Sakti di sekitar area Bunut Bolong juga menambah daya tarik tersendiri. Pura ini menjadi tempat ibadah dan ritual bagi umat Hindu setempat. Keindahan arsitektur pura dan suasana mistis yang terasa di sekitar area tersebut membuat pengunjung merasa damai dan tentram.

Selain itu, keberadaan perkebunan cengkeh di sekitar area Bunut Bolong juga menambah pesona alam di daerah tersebut. Aroma harum cengkeh yang menyebar di udara membuat pengunjung merasa segar dan tenang. Tak heran jika banyak pengunjung yang memilih untuk berjalan-jalan di sekitar perkebunan tersebut untuk menikmati keindahan alam dan udara segar.

Dengan semua keunikan dan daya tarik yang dimiliki, Bunut Bolong menjadi destinasi wisata yang populer di Jembrana. Setiap tahunnya, ribuan wisatawan datang untuk menyaksikan keindahan pohon bunut yang unik ini. Mereka juga tak ketinggalan untuk mengunjungi Pura Bujangga Sakti dan menikmati keindahan perkebunan cengkeh di sekitar area tersebut.

Dengan menjaga kelestarian alam dan budaya di sekitar Bunut Bolong, diharapkan destinasi wisata ini tetap bisa dinikmati oleh generasi mendatang. Keindahan alam dan kearifan lokal yang terkait dengan pohon bunut ini harus dijaga agar tetap bisa dinikmati oleh semua orang. Semoga Bunut Bolong selalu menjadi bagian dari keindahan alam dan budaya di Jembrana, Bali.

Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah

Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah

Taman Rekreasi Delod Brawah telah direnovasi menjadi kawasan pantai yang menarik. tempat wisata ini dilengkapi kolam renang air laut yang bisa digunakan masyarakat umum lengkap dengan perosotan yang cukup tinggi. Kolam air laut biasanya hanya dimiliki hotel-hotel berbintang.

Lokasinya berada di Delod Berawah, Mendoyo, Jembrana, Bali. Tiket masuk ke Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Brawah untuk anak-anak Rp 1.500, dewasa Rp 3.000. Khusus untuk anak sekolah atau kelompok lebih dari 50 orang tiketnya Rp 1.000 per orang.

Pilihan transportasi di Bali untuk eksplor semua tempat wisata di Bali Pilihan transportasi di Bali untuk menjelajahi semua tempat wisata di pulau ini memang terbatas. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mengeksplor keindahan Bali. Pertama, kamu bisa mencoba rental motor di Bali. Ini adalah pilihan favorit banyak wisatawan, terutama wisatawan internasional. Rental motor di Bali cukup murah dan memungkinkan kamu untuk bepergian dengan cepat, terutama mengingat lalu lintas yang semakin padat di Bali. Kamu bahkan bisa memesan motor melalui molly rent car untuk kemudahan dan kenyamanan. Alternatif kedua adalah sewa mobil bali dengan driver. Jika kamu ingin perjalanan yang lebih nyaman tanpa harus repot menyetir, opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Driver yang berpengalaman akan mengantarkanmu ke berbagai tempat wisata di Pulau Dewata ini. Pastikan juga untuk memeriksa opsi lainnya yang tersedia di sini seperti sewa hiace bali dan sewa elf bali murah. Cek juga opsi lainnya di sini Terakhir, kamu juga bisa memilih rental mobil lepas kunci di Bali. Opsi ini memberikan kebebasan dan kenyamanan untuk menjelajahi Bali tanpa harus repot tawar-menawar. Kamu bisa menyewa mobil lepas kunci, atau sewa bus bali, melalui molly rent car untuk kemudahan dan kepastian harga. Jadi, jangan ragu untuk memilih salah satu dari opsi transportasi di atas untuk menjelajahi keindahan Bali. Selamat menikmati liburanmu di Pulau Dewata!

Pantai Pengeragoan

Pantai Pengeragoan

Pantai Pengeragoan adalah pantai berpasir hitam yang layak kalian kunjungi. Jika kalian menempuh jalur darat dari Gilimanuk ke Denpasar, pantai ini dapat dijumpai di sisi kanan jalan.

Sambil beristirahat dari perjalanan, kalian bisa menikmati keindahan pantai ini. Ada beberapa warung makan yang berada di tepi pantai. tempat wisata ini tepatnya berada di Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, yakni di pintu gerbang timur Kabupaten Jembrana, berbatasan dengan Kabupaten Tabanan.

Tempat Wisata Perancak

Tempat Wisata Perancak

Tempat wisata Pantai Perancak ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan yang mempesona. Ada beberapa fasilitas, yakni sirkuit motocross dan road race.

Tempat ini juga digunakan untuk lomba sampan dayung tradisional setiap tahunnya. Selain itu, Desa Perancak menjadi lokasi pelestarian penyu laut. Pada periode tertentu, masyarakat melakukan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut.

Wisata Puncak JR Jembrana

Wisata Puncak JR Jembrana

Jembrana menawarkan pariwisata pegunungan, yaitu Puncak Jumpa Remaja atau yang dikenal Puncak JR. Tempat ini dulunya menjadi favorit para remaja untuk bertemu dalam sebuah komunitas Sekaa Teruna Teruni.

Puncak JR memiliki pemandangan khas pegunungan yang hijau. Wisatawan bisa memanfaatkan beberapa spot foto untuk berselfie dengan latar belakang langit, hutan dan pegunungan. Lokasi Puncak JR berada di Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Artikel Terkait: Wisata Di Nusa Ceningan

Pantai Medewi

Pantai Medewi

Pantai Medewi memiliki ciri khas lekukan pantainya yang indah dan pasir hitam..Ombaknya yang deras membuat pantai ini asyik untuk berselancar. Lokasinya asri dan tenang karena tak seramai pantai di Denpasar.

Di tepi pantai ini terdapat hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang dan restoran yang artistik dan menyatu dengan pantai. Pantai ini terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk Rening memiliki pantai pasir hitam dengan ombak yang tidak begitu besar. Pantai ini menarik ketika dinikmati saat sore hari hingga menanti matahari tenggelam.

Pantai ini termasuk ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Candikusuma

Pantai Candikusuma

Pantai ini asyik digunakan untuk mandi maupun berenang karena pantai dan airnya bersih. Selain itu, terdapat tugu segitiga yang konon di lokasi itu pernah keluar keris yang bersinar. Tempat ini pun menjadi tempat wisata religi. Lokasinya berada di Candikusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Wisatawan yang menyeberang di Gilimanuk bisa langsung mampir ke Pantai Karang Sewu yang jaraknya hanya sekitar 300 meter.

Laut di Pantai Karang Sewu terlihat tenang karena lokasinya berada di teluk. Sekitar pantai ini ditumbuhi pohon bakau yang digunakan untuk konservasi alam. Pantainya tidak berpasir, namun banyak rumput yang tumbuh di sekitar. Kalian bisa berfoto-foto di sini karena pemandangannya tak seperti pantai biasanya.

Museum Manusia Purba

Museum Manusia Purba

Gilimanuk memiliki Museum Manusia Purba yang menyimpan peninggalan prasejarah berupa fosil manusia purba. Pada penelitian tahun 1963, para arkeolog Indonesia menemukan ratusan rangka manusia yang diperkirakan hidup di akhir masa prasejarah. Ratusan rangka itu memiliki ras Mongoloid.

Temuan ini kemudian diabadikan di Museum Manusia Purba. Selain tulang, koleksi di sini antara lain peralatan-peralatan seperti sarkofagus, manik-manik, gelang dari kayu dan kerang, periuk kecil, tempayan, dan mangkuk dari tanah.

Selain itu, kalian bisa bersantai di pantai saat berkunjung kawasan museum. Lokasinya berada di Jalan Rajawali, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Teluk Gilimanuk

Teluk Gilimanuk

Satu lagi tempat wisata di Gilimanuk yang bisa langsung kalian nikmati setelah sampai di pelabuhan, yaitu Teluk Gilimanuk. Perairan di teluk ini tenang dan memiliki spot foto yang menarik. Tempat ini dekat dengan fasilitas umum seperti penginapan, restoran dan tempat penjualan suvenir.

Taman Wisata Air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih memanfaatkan aliran Tukad Pangyangan yang tenang. Di lokasi tersebut terdapat banyak pohon kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan menggunakan jukung mesin.

Sungai ini juga sering dimanfaatkan untuk memancing. Pemancing sering mendapatkan beberapa jenis ikan seperti kakap merah dan julit. Taman Wisata Air Gumbrih berada di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari

Bendungan Palasari dibangun untuk pengendali banjir sekaligus dimanfaatkan masyarakat untuk irigasi dan perikanan. Bendungan ini menarik digunakan untuk wisata air karena berada di sekitar hutan lindung yang sejuk.

Wisatawan dapat naik sampan untuk berkeliling bendungan. Lokasi Bendungan Palasari berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali.

Itulah tadi ada 17 tempat wisata di Jembrana yang paling hits dan wajib dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang menggunakan jalur dari Gilimanuk. Mau wisata pegunungan, hutan, atau pantai? Semua ada di Jembrana.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *